Akademik STIKES Amanah Makassar

Suasana akademik di STIKES Amanah Makassar memiliki peran yang sangat vital dalam membentuk profesional kesehatan yang kompeten, beretika, dan siap menghadapi tantangan di dunia kesehatan. Berikut adalah beberapa alasan pentingnya suasana akademik di Institusi Kesehatan:

  1. Pembelajaran Intensif dan Praktis:
    • Suasana akademik yang kondusif memungkinkan mahasiswa untuk belajar secara mendalam dan praktis. Mereka harus menguasai berbagai konsep dan keterampilan yang kompleks melalui kuliah, laboratorium, dan praktik klinis.
    • Interaksi yang erat dengan dosen dan praktisi memberikan kesempatan untuk mendapatkan bimbingan langsung dan umpan balik yang konstruktif, yang sangat penting dalam bidang kesehatan yang terus berkembang.
  2. Kolaborasi dan Interdisipliner:
    • STIKES Amanah Makassar mendorong kolaborasi antar disiplin ilmu. Mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di STIKES Amanah Makassar ¬†agar dapat bekerja sama dalam proyek penelitian dan simulasi kasus.
    • Pendekatan interdisipliner ini menciptakan profesional kesehatan yang dapat bekerja secara efektif dalam tim, yang sangat penting dalam memberikan perawatan pasien yang holistik.
  3. Pengembangan Soft Skills:
    • Selain keterampilan teknis, suasana akademik di kampus juga berfokus pada pengembangan soft skills seperti komunikasi, empati, kepemimpinan, dan pemecahan masalah.
    • STIKES Amanah Makassar mahasiswa dilatih untuk berkomunikasi dengan pasien, keluarga, dan tim Kesehatan lainnya secara efektif, yang merupakan keterampilan esensial dalam praktik klinis.
  4. Pembentukan Etika dan Profesionalisme:
    • Suasana akademik yang baik menekankan pentingnya etika dan profesionalisme dalam praktik kesehatan. Mahasiswa STIKES Amanah Makassar diajarkan tentang kode etik, tanggung jawab profesional, dan pentingnya menjaga integritas dalam setiap tindakan medis.
    • Pendidikan etika membantu mahasiswa memahami dampak dari keputusan medis mereka dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi dilema etis dalam praktik nyata.
  5. Fasilitas dan Sumber Daya:
    • STIKES Amanah Makassar menyediakan fasilitas dan sumber daya yang mendukung pembelajaran, seperti laboratorium semua program studi , perpustakaan yang lengkap, dan akses ke jurnal penelitian terbaru.
    • Fasilitas ini memungkinkan mahasiswa untuk melakukan penelitian, mengasah keterampilan praktis, dan tetap terkini dengan perkembangan terbaru dalam ilmu kesehatan.
    • Selain itu juga menyediakan wahan praktik klinik seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik dan Laboratorium terpadu.
  6. Dukungan dan Kesejahteraan Mahasiswa:
    • Suasana akademik yang positif juga melibatkan dukungan bagi kesejahteraan mental dan emosional mahasiswa. Studi di bidang kesehatan seringkali menuntut dan menekan, sehingga dukungan dari fakultas, layanan konseling, dan komunitas kampus sangat penting.
    • Kesejahteraan mahasiswa yang terjaga membantu mereka mencapai potensi akademik dan profesional mereka secara maksimal.
  7. Pengalaman Klinis yang Komprehensif:
    • Suasana akademik di kampus kesehatan juga mencakup pengalaman klinis yang komprehensif. Melalui rotasi klinis di rumah sakit, klinik, dan pusat kesehatan, mahasiswa mendapatkan pengalaman praktis yang nyata dan belajar dari kasus-kasus kehidupan nyata.
    • Pengalaman ini sangat penting untuk mengembangkan keahlian klinis, membangun kepercayaan diri, dan mempersiapkan mahasiswa untuk bekerja secara mandiri setelah lulus.

Dengan demikian, suasana akademik yang mendukung di STIKES Amanah Makassar tidak hanya memfasilitasi pembelajaran teori dan praktik yang efektif, tetapi juga membentuk profesional kesehatan yang kompeten, berakhlak muliah , beretika, dan siap memberikan perawatan berkualitas tinggi kepada Masyarakat berbasis Intrepreunership.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *