PROFIL PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN DAN PROFESI NERS
STIKES AMANAH MAKASSAR
1.Profil Program Studi
Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Amanah Makassar telah memperoleh izin penyelenggaraan program studi pada tahun 2008 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 235/D/O/2008 tentang pemberian izin penyelanggaraan program -program studi dan pendirian Sekolah Tiggi Ilmu Kesehatan Amanah Makassar.
Profesi Ners itu sendiri mendapatkan izin penyelenggaraan program studi di STIKES Amanah Makassar berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 47/E/O/2024 tertanggal 29 April 2024. Hingga saat ini Prodi Keperawatan menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan Ners sesuai level 7 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yang terdiri dari tahapan pendidikan, yaitu tahap akademik S1dan tahap profesi.
2. Visi dan Misi Program Studi Keperawatan
a. Visi
Menjadi Program Studi Keperawatan yang unggul dalam menghasilkan Ners berahlak mulia, profesional, bermutu berkualitas di bidang keperawatan home care pada tahun 2027”
b. Misi
- Melaksanakan pendidikan Keperawatan profesional yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur dan mempunyai etika dan penampilan yang santun.
- Mengembangkan program pendidikan keperawatan dengan keunggulan keperawatan home care yang profesional, berkompeten, berkualitas, berkarakter, mampu berdaya saing di era global dan mengembangkan kerja sama baik dalam negeri maupun luar negeri.
- Menerapkan dan mengembangkan ilmu keperawatan dengan keunggulan keperawatan home care melalui kegiatan penelitian.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam upaya mengatasi masalah kesehatan di masyarakat
- Menjalin dan melaksanakan kerja sama untuk keberlanjutan program studi dan meningkatkan posisi di tingkat nasional maupun internasional dengan dukungan dari civitas akademika, alumni dan masyarakat.
c. Tujuan
- Menghasilkan lulusan keperawatan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berbudi pekerti luhur dan mempunyai etika dan penampilan yang santun.
- Menghasilkan lulusan keperawatan dengan keunggulan di bidang nursing home care yang profesioanal, berkompoten, berkualitas, berkarakter, mampu berdaya saing di era global dan mengembangkan kerja sama baik dalam negeri maupun luar negeri
- Menghasilkan penelitian untuk menumbuh kembangkan pelayanan keperawatan khususnya di nursing home care
- Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam upaya mengatasi masalah kesehatan di bidang komunitas dan keluarga
- Meningkatkan dan memperluas jaringan kerja sama untuk keberlanjutan program studi dan meningkatkan posisi di tingkat nasional dengan dukungan civitas akademika, alumni dan masyarakat.
3. Profil Lulusan
No. | PROFIL LULUSAN | DESKRIPSI PROFIL LULUSAN |
1 | Care provider | Merencanakan dan memberikan asuhan keperawatan pada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat dalam rentang sehat sakit di tatanan klinik, keluarga, dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia secara komprehensif, berbasis bukti dan berbasis home care |
2 | Communicator | Mendemonstrasikan komunikasi efektif pada sistem klien dan kolaborasi tim kesehatan |
3 | Health educator and promoter | Melakukan edukasi dan promosi pada sistem klien untuk mencapai kemandirian dalam merawat dirinya. |
4 | Manager and leader | Menganalisis pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim Kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpinan untuk mencapai tujuan perawatan klien baik di Masyarakat, Rumah Sakit, Klinik dan Pelayanan Home Care |
5 | Researcher | Menerapkan langkah-langkah pendekatan ilmiah dalam menyelesaikan masalah keperawatan. |
4. Capaian Pembelajaran
- Bertakwa kepada Tuhan YME, menunjukkan tinggi nilai kemanusiaan, professional, etika, hukum dan budaya dalam keperawatan
- Mampu menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif, inovatif serta bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta bertanggung jawab secara ilmiah kepada masayarakat profesi dan klian
- Mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan dengan memperlihatkan nilai humaniora berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam pemberian asuhan keperawatan
- Mampu melakukan evaluasi asuhan keperawatan sebagai upaya peningkatan kualitas asuhan keperawatan dalam tatanan klinik, home care maupun komunitas
- Mampu melaksanakan edukasi dengan keterampilan komunikasi dalam asuhan keperawatan dan informasi ilmiah
- Mampu menganalisis pengorganisasian asuhan keperawatan dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dengan menunjukkan sikap kepemimpianuntuk mencapai tujuan perawatan klien
- Mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang ilmu dan teknologi keperawatan untuk memecahkan masalah kesehatan
- Mampu menghasilkan, mengomunikasikan, dan melakukan inovasi pada bidang ilmu dan teknologi keperawatan, dan
- Mampu mengembangkan keahlian profesional melalui pembelajaran seumur hidup
5. Keunggulan Program Studi Keperawatan
- Program Studi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners terakreditasi LAM PT-Kes dengan predikast “Baik Sekali”
- Memiliki keunggulan dengan nursing homecare sehingga siap kerja dalam perawatan homecare
- Penerapan sistem pembelajaran terintegrasi dengan fasilitas ruang perkuliahan yang lengkap
- Penggunaan ruang laborarorium keperawatan sesuai departemen keilmuan
- Memiliki ruang Objective Structured Clinical Examination (OSCE)
- Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk pertukaran pelajar dalam negeri dan luar negeri, proyek kemanusiaan, magang dan penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
- Program S1 Keperawatan dengan turun langsung praktik di Rumah sakit, Puskesmas, Klinik dan Panti
- Lahan praktik dan Kerjasama baik di dalam maupun di luar negeri
- Rumah Sakit lingkup Makassar Tipe B
- Puskesmas Kota Makassar dan Luar kota Makassar
- Kerjasama dengan lab Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas di Makassar
- Kerjasama dengan praktik mandiri keperawatan
- Kerjasama dengan berbagai PEMDA kabupaten didalam dan luar Sulawesi
- Kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar dan luar kota Makassar
- Kerjasama dengan kampus keperawatan luar negeri
- Kerjasama dengan BP3MI Pengiriman tenaga Kesehatan ke luar negeri
- Kerjasama dengan Panti Lansia
- Guest Lecture, Visiting Professormemberikan kesempatan mahasiswa mendapatkan kuliah dari pengajar luar negeri melalui kuliah pakar dan atau kuliah umum
- Tersedia Kunjungan Lapangan ke rumah sakit mitra, institusi kesehatan lainnya, serta komunitas.
- Program Pengabdian Masyarakat yang melibatkan mahasiswa dan tenaga pengajar.
- Penelitian Kolaborasi dengan universitas-universitas mitra dalam maupun luar negeri
6.Kurikulum Program Studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners
Program Studi Keperawatan STIKES Amanah Makassar terdiri dari dua tahap yaitu tahap akademik dan tahap profesi. Kurikulum yang digunakan saat ini dikembangkan dari kurikulum inti pendidikan Ners oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan muatan lokal yang dikembangkan sebagai ciri khas lulusan STIKES Amanah Makassar. Secara umum kurikulum S1 keperawatan dan profesi ners sebagai berikut:
- Sarjana Keperawatan
Model kurikulum berbasis kompetensi merupakan model kurikulum yang diterapkan STIKES Amanah Makassar dalam proses pembelajarannya. Struktur kurikulum dijabarkan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS).
- Beban studi keseluruhan 144 SKS termasuk skripsi, praktik klinik dan KKN
- Lama studi 4 tahun setara dengan 8 semester.
- Gelar akademik lulusan adalah Sarjana Keperawatan (S.Kep)
- Tahap Profesi
- Beban studi 36 SKS.
- Lama studi 1 tahun setara dengan 2 semester.
- Gelar akademik lulusan adalah Ners (Ns.)
Sebaran Mata Kuliah Tahap Akademik
SEMESTER 1
No | Mata kuliah | SKS | T | LAB | K |
1 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | 0 | 0 |
2 | Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia | 4 | 3 | 1 | 0 |
3 | Konsep Dasar Keperawatan | 3 | 3 | 0 | 0 |
4 | Agama | 2 | 2 | 0 | 0 |
5 | Ilmu Biomedik Dasar | 3 | 2 | 1 | 0 |
6 | Falsafah dan Teori Keperawatan | 3 | 3 | 0 | 0 |
7 | Pendidikan Anti Korupsi | 2 | 2 | 0 | 0 |
Jumlah | 19 | 17 | 2 | 0 |
SEMESTER 2
No. | Mata kuliah | SKS | T | LAB | K |
1 | Komunikasi Dasar Keperawatan | 2 | 1 | 1 | 0 |
2 | Pancasila | 2 | 2 | 0 | 0 |
3 | Keterampilan Dasar Keperawatan | 4 | 1 | 3 | 0 |
4 | Proses keperawatan dan berpikir kritis | 3 | 3 | 0 | 0 |
5 | Ilmu Dasar Keperawatan | 3 | 2 | 1 | 0 |
6 | Farmakologi Keperawatan | 3 | 2 | 1 | 0 |
7 | Pendidikan dan Promosi Kesehatan | 3 | 2 | 1 | 0 |
Jumlah | 20 | 13 | 7 | 0 |
SEMESTER 3
No. | Mata kuliah | SKS | T | LAB | K |
1 | Sistem Informasi Keperawatan | 2 | 1 | 1 | – |
2 | Kewarganegaraan | 2 | 2 | – | – |
3 | Keperawatan dewasa sistem kardiovaskuler, respiratori dan hematologi | 4 | 3 | 1 | – |
4 | Keperawatan Maternitas | 4 | 2 | 2 | – |
5 | Komunikasi terapeutik Keperawatan | 3 | 2 | 1 | – |
6 | Psikososial dan Budaya dalam Keperawatan | 2 | 2 | – | – |
7 | Kewirausahaan | 2 | 2 | – | – |
8 | Bahasa Inggris Dalam Keperawatan | 3 | 2 | 1 | – |
Jumlah | 22 | 16 | 6 | 0 |
SEMESTER 4
No | Mata kuliah | SKS | T | LAB | K |
1 | Keperawatan Kesehatan Reproduksi | 3 | 1 | 1 | 1 |
2 | Keperawatan dewasa sistem endokrin, pencernaan, perkemihan dan imunologi | 5 | 3 | 1 | 1 |
3 | Keperawatan Anak Sehat dan Sakit Akut | 5 | 3 | 1 | 1 |
4 | Keperawatan Kesehatan Jiwa dan Psikososial | 4 | 3 | 1 | 0 |
5 | Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja | 2 | 1 | 1 | 0 |
6 | Home Care Dasar | 2 | 2 | 0 | 0 |
Jumlah | 21 | 13 | 5 | 3 |
SEMESTER 5
No | Mata kuliah | SKS | T | LAB | K |
1 | Keperawatan Dewasa sistem muskuloskeletal, integumen, persepsi sensori dan persarafan | 5 | 3 | 1 | 1 |
2 | Metodologi Penelitian | 4 | 3 | 1 | 0 |
3 | Keperawatan Anak sakit kronis dan terminal | 4 | 2 | 1 | 1 |
4 | Keperawatan psikiatri | 4 | 2 | 1 | 1 |
6 | Konsep Keperawatan Komunitas | 2 | 2 | 0 | 0 |
7 | Home Care Klinik | 5 | 2 | 1 | 2 |
Jumlah | 24 | 14 | 5 | 5 |
SEMESTER 6
No | Mata kuliah | SKS | T | LAB | K |
1 | Keperawatan agregat komunitas | 3 | 2 | 0 | 1 |
2 | Biostatistik | 2 | 1 | 1 | 0 |
3 | Kepemimpinan dan Manajemen keperawatan | 5 | 2 | 1 | 2 |
4 | Keperawatan Gawat Darurat | 4 | 2 | 1 | 1 |
5 | Keperawatan Menjelang Ajal dan Paliatif | 2 | 1 | 1 | 0 |
6 | Keperawatan Keluarga | 4 | 2 | 1 | 1 |
Jumlah | 20 | 10 | 5 | 5 |
SEMESTER 7
No | Kode | Mata kuliah | SKS | T | LAB | K |
1 | KP03173 | Keperawatan kritis | 4 | 2 | 1 | 1 |
2 | KP03183 | Keperawatan Gerontik | 4 | 2 | 1 | 1 |
3 | KP03193 | Keperawatan Bencana | 2 | 1 | 1 | – |
Jumlah | 10 | 5 | 3 | 2 |
SEMESTER 8
No | Mata kuliah | SKS | T | LAB | K |
1 | Skripsi | 4 | – | – | 4 |
2 | KKN | 4 | – | – | 4 |
Jumlah | 8 | – | – | 8 |
Tahap Profesi Ners
No Semester Mata Kuliah Profesi Ners dan Besaran SKS
No | Semester | Mata Kuliah | SKS |
1 | 1 | Keperawatan Dasar Profesi (KDP) | 2 |
2 | 1 | Keperawatan Medikal Bedah (KMB) | 5 |
3 | 1 | Keperawatan Anak | 4 |
4 | 1 | Keperawatan Maternitas | 4 |
5 | 1 | Keperawatan Jiwa | 3 |
Total SKS | 18 |
No | Semester | Mata Kuliah | SKS |
1 | 2 | Manajemen Keperawatan | 3 |
2 | 2 | Keperawatan gadar dan Kritis | 4 |
3 | 2 | Keperawatan Gerontik | 2 |
4 | 2 | Keperawatan Keluarga dan Komunitas | 4 |
5 | 2 | Home Care | 3 |
6 | 2 | Karya Ilmiah Akhir | 2 |
Total SKS | 18 |
Semester 9 (Profesi Ners ) : 18 SKS
Semester 10 (Profesi Ners ) : 18 SKS
Total : 36 SKS
7. Strategi Pembelajaran Program Studi
Sejak tahun akademik 2014, Prodi Keperawatan sudah mulai menerapkan pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa (Student-centered Learning/SCL) melalui strategi pendidikan belajar berdasarkan masalah (Problem-based Learning/PBL). Selama proses pembelajaran mata kuliah dikelola, dikembangkan dan diorganisasi untuk pencapaian kompetensi yang sudah ditetapkan akademik dan program studi
Kegiatan pembelajaran tahap akademik diantaranya
-
-
- Kuliah pakar
- Diskusi kelompok
- Keterampilan klinik keperawatan
- Praktikum di Laboratorium
- Pengalaman belajar lapangan
- Seminar, Presentasi Kasus, dan Role Play
- Belajar Mandiri
-
Program pendidikan profesi merupakan satu kesatuan yang utuh dari Program Studi Ners STIKES Amanah Makassar Setelah menyelesaikan pendidikan ditahap akademik (S1 Keperawatan) , mahasiswa kemudian melanjutkan ke tahap profesi dan diberikan pengalaman belajar klinik dan pengalaman belajar di lapangan pada berbagai bentuk dan tingkat pelayanan kesehatan (klinis , keluarga dan komunitas). Diharapkan setelah melalui proses pendidikan di tahap profesi, calon ners dapat mencapai kompetensi pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang maksimal sebagai bekal mereka menjadi perawat yang professional dan kompeten.
Kegiatan pembelajaran tahap profesi:
-
- Pre dan Post Conference
- Bedside Teaching
- Ronde Keperawatan
- Seminar/refleksi kasus
- Seminar analisis jurnal
- Penyuluhan kesehatan
- Terapi bermain (khusus keperawatan Anak)
- Terapi Aktivitas kelompok (khusus keperawatan Jiwa)
- Tahap akhir disertai dengan Objective Structured Clinical Examination (OSCE)
8. Dosen Pengajar
- Dosen Homebase S1 Keperawatan
No | Nama | Jabatan Akademik |
1 | Fitriani, S.Kep.,Ns.,M.Kes | Lektor |
2 | Sahdan Mustari, SKM.,M.Kes | Lektor |
3 | Muhammad Syafri,SKM.,M.Kes | Lektor |
4 | Syarifudin Andi Latif, S.Kep.,Ns.,M.Kes.,M.M | Asisten Ahli |
5 | Andi Arfah Aminuddin, S.Si.,M.Si | Asisten Ahli |
6 | Naomi Malaha, S.Kep.,Ns.,M.Kep | Asisten Ahli |
7 | Aulya Kartini Dg Karra, S.Kep.,Ns.,M.Kep | Asisten Ahli |
8 | Nurafni Suid, S.Kep.,Ns.,M.Tr.Kep | Tenaga Pengajar |
9 | Muh Ilyas, S.Kep.,Ns.,M.KM | Tenaga Pengajar |
2. Dosen Homebase Profesi Ners
No | Nama | Jabatan Akademik |
1 | Sitti Herliyanti Rambu, S.Kep.,Ns.,M.Kes | Lektor |
2 | Hasliani, S.Kep.,Ns.,M.Kes | Lektor |
3 | Dewi Sartika MS, S.Kep.,Ns.,M.Kes | Lektor |
4 | Muhammad Qasim, S.Kep.,Ns.,M.Kes | Lektor |
5 | Junaidin,S.Kep.,Ns.,M.Kep.,SP.Kep.MB | Lektor |
6 | Asmiana Saputri Ilyas, S.Kep.,Ns.,M.Kes | Lektor |
7 | Adi Hermawan,S.Kep.,Ns.,M.Kes | Lektor |
8 | Rachmat Ramli,S.Kep.,Ns.,M.Kes | Lektor |
9 | Kurniawati, S.Kep.,Ns.,M.Kep | Asisten Ahli |
10 | Samila, S.Kep.,Ns.,M.Kep | Asisten Ahli |
11 | Surya Prihatini, S.Kep.,Ns.,M.Kep | Asisten Ahli |
12 | Saldi Yusuf, S.Kep.,Ns.,M.S | Asisten Ahli |
13 | Yenny Sima, S.Kep.,Ns.,M.Kep | Asisten Ahli |
14 | Abdul Haris, S.Kep.,Ns.,M.Kep | Asisten Ahli |
15 | Muh Rusdi, S.Kep.,Ns.,M.Kes | Asisten Ahli |
8. Akreditasi
Pada tahun 2023 Prodi keperawatan semua terakrerditasi LAM-PTKES
- S1 Keperawatan dengan akreditasi “Baik Sekali”
- Profesi Ners dengan akreditasi “Baik Sekali
-
9. Alamat / Lokasi
Prodi Keperawatan STIKES Amanah Makassar berlokasikan di Jalan Inspeksi Kanal II Aeropala Makassar atau depan Perumahan Citra Land (Aeropala) Hertasning Kota Makassar Sulawesi Selatan